Berita UtamaOLAHRAGASepakbola

Timnas Indonesia U-16 Bantai Singapura 9-0

TanoBatakNews, Sepak bola – Timnas Indonesia U-16 menang besar pada matchday kedua grup A Piala AFF U-16 2022. Skuad Garuda Asia mengalahkan Singapura dengan skor 0-9, Rabu (03/08/2022) malam.

Timnas Indonesia U-16 berpesta lewat hattrick Nabil Asyura (3, 17, 30′) dan brace Kafiatur Rizky (35′, 43′). Empat gol lainnya dicetak Hanif Ramadhan (21′), Risky Afrizal (59), I Komang Ananta (90+2′) dan penalti Waliy Marifat (80′).

Kemenangan tersebut sangat disyukuri oleh pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman. Apalagi, anak asuhnya mampu menjalankan semua instruksi yang diberikan.

“Mereka bisa menjalankan semua taktik yang kami harapkan,” ujar Bima Sakti dalam sesi jumpa pers usai pertandingan, Rabu (03/08/2022).

Apalagi, pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-16 bisa menang dengan skor mencolok 0-9. Itu bisa menjadi modal yang bagus untuk menatap laga pemungkas grup A kontra Vietnam.

 

Gol Cepat Jadi Kunci

Salah satu kunci kesuksesan Timnas Indonesia U-16 memenangkan pertandingan karena mereka mampu membobol gawang Singapura dengan cepat. Mereka mencetak gol pertama pada menit ke-3′.

“Memang kami instruksikan kepada pemain di menit-menit awal kami harus press lawan. Karena menit awal menit akhir itu adalah waktu yang krusial,” jelas Bima Sakti.

Artinya, menurut mantan asisten pelatih Persiba Balikpapan tersebut, anak asuhnya diminta memanfaatkan kelengahan lawan. Instruksi tersebut benar-benar dijalankan dengan baik.

 

Tak Boleh Cepat Puas

Skuat Timnas Indonesia merayakan gol Muhammad Nabil Asyura ke gawang Singapura, Rabu (3/7/2022) (c) PSSI

Akan tetapi, Bima Sakti meminta pemain Timnas Indonesia U-16 tetap menginjak bumi. Kemenangan besar atas Singapura tidak boleh dirayakan secara berlebihan.

“Walaupun kami menang besar tidak boleh cepat puas, tidak boleh euforia terlalu besar,” Bima Sakti menambahkan.

“Kami berharap juga masyarakat pecinta sepakbola jangan memuji terlalu besar karena ini belum ada apa-apa, tim ini masih banyak kekurangan, harus belajar banyak lagi,” tegasnya.

 

Nabil Asyura Terharu

Sementara itu, penyerang Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura mengaku senang bisa mengalahkan Singapura. Terlebih, dia mampu menyumbang tiga gol untuk Garuda Asia.

“Perasaan saya senang banget, terharu rasanya gitu,” jelas pemain asal Payakumbuh, Sumatera Barat tersebut.

Akan tetapi, dia mengakui bahwa Singapura bukan lawan yang mudah meskipun jadi lumbung gol pemain Timnas Indonesia U-16. Mereka juga tetap memberikan perlawanan di lapangan.

Rekomendasi Berita