BukuOpiniUnggulan

Produk Gagal

“Kita hidup di zaman dengan peluang inovasi yang tak tertandingi. Kita lebih banyak membuat produk daripada sebelumnya, tetapi sebagian gagal. Bukan karena kita tidak dapat menyelesaikan apa yang kita bangun, melainkan karena kita membuang waktu, uang, dan tenaga untuk membuat produk yang salah.  Oleh sebab itu, kita butuh proses sistematis untuk memeriksa ide produk dengan cepat dan meningkatkan peluang keberhasilan.” Begitu tulis Ash Maurya dalam bukunya Running Lean.

Dalam jagat perbukuan, kita seringkali menemukan buku yang bagus tetapi kurang direspon pembaca. Pembaca seolah-olah tak butuh dengan buku itu. Padahal, penulis dan penerbitnya menyakini buku itu sangat baik.

Penulis dan penerbit telah bekerja keras untuk menerbitkannya. Ada proses penulisan yang panjang dan kerja penerbitan yang tak mudah, namun buku itu “tak menemukan pembacanya!”. Dan dalam pandangan saya: buku itu adalah buku yang gagal. Sebab, untuk apa buku ditulis dan diterbitkan, kalau tak dibaca!

Kondisi ini semakin memusingkan saat teknologi digital mendisrupsi dunia perbukuan, dan covid-19 menintrupsinya. Akibatnya ranah perbukuan Indonesia perlu melakukan adaptasi yang tepat, dan langkah-langkah strategis yang benar untuk mencapai kesesuaian buku yang diterbitkan dengan kebutuhan pembaca. Inilah pekerjaan rumah yang besar bagi kalangan perbukuan.

Kita butuh kemampuan membangun ide, konsep, metodologi, dan langkah-langkah yang inovatif. Kalau tidak, kita habis ditelah perubahan.

Disrupsi teknologi dan Covid-19 telah menyadarkan kita bahwa segalanya sudah tak sama. Sudah berubah. Kita butuh pengetahuan baru dalam memahami perubahan lingkungan usaha perbukuan.

Dan diatas kebingungan itu, outlook perbukuan 2022, setidaknya akan menjadi peta jalan bagi kita melangkah. Setidaknya, acara itu akan memberi penyadaran bahwa “Hidup terlalu pendek apabila kita membuat produk yang tak seorang pun membutuhkannya.”

Penulis : Hikmat Kurnia, CEO Penerbit Gagas Media Group.

Catatan:

Informasi lebih lanjut hubungi :  IKAPI DKI Jakarta Jl. Mustika Jaya No.09, RT.9/RW.10, Rawamangun,
Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220 | +62214786288

Rekomendasi Berita