Berita UtamaNasional

Pesan Khusus Mendagri ke Heru Budi Hartono usai Pelantikan Pj Gubernur DKI

TanoBatakNews, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Senin (17/10). Pelantikan dilakukan di Kantor Kemendagri Jakarta.

Usai dilantik, Tito memberikan beberapa pesan khusus kepada Heru yang akan memimpin DKI Jakarta. Terutama, dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

Terlebih, masalah-malasah reguler seperti banjir dan pasca pandemi Covid-19 yang menjadi tugas berat bagi Heru kedepannya.

“Kita berharap dampak daripada Covid-19 ini yang mungkin masih ada dapat ditangani oleh Bapak Heru sekaligus selain hal-hal yang reguler rutin kita akan menghadapi tantangan ke depan yaitu gejolak ekonomi, krisis pangan, energi yang berimbas kepasa ekonomi dan keuangan global tentu berimbas kepada kita semua juga termasuk kota Jakarta,” kata Tito.

Oleh karena itu, dia meminta agar Heru dan seluruh jajarannya mampu menangani masalah-masalah yang akan terjadi di DKI Jakarta dengan baik. Dan mendukung suksesnya perhelatan kontestasi demokrasi pada 2024 mendatang.

“Mari kita bekerja sama nanti untuk menangani bersama-sama permasalahan dampak-dampak yang berakibat nanti inflasi dan lainnya. Untuk DKI punya tugas penting untuk mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada di tahun 2024,” tegasnya.

Adapun pelantikan Heru berdasarkan Keppres Nomor 100/P tahun 2022 tentang Pengesahan dan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Mengangkat Saudara Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta, terhitung sejak saat pelantikan untuk masa jabatan paling lama 1 tahun,” demikian bunyi Keppres yang dibacakan saat pelantikan, Senin.

Dalam kesempatan ini, Mendagri juga melantik dua Cyfrianus Y Mambay sebagai Pj Bupati Yapen dan Marthen Kogoya sebagai Pj Bupati Tolikara. Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Mendagri (Kepmendagri)

Kemudian, pelantikan dilanjutkan dengan mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian. Mereka berjanji akan memenuhi kewajibannya sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta, Pj Bupati Yapen, dan Pj Bupati Tolikara dengan seadil-adilnya.

“Saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj Gubernur DKI, Pj Bupati Yapen, Pj Bupati Tolikara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap para ketiga penjabat kepala daerah berbarengan.

Rekomendasi Berita