BukuUnggulan

Permainan Tradisional Anak Danau Toba

Anak Milenial Batak Perlu Memainkannya di Sekolah Minggu

Masa kecil  kurang bahagia? Gurauan ini berlaku untuk seseorang dewasa yang masih rindu bermain seperti anak kecil. Terkesan sepele, tetapi sesungguhnya permainan semasa kecil adalah elemen dasar dari pendidikan berpikir dan bersikap, juga menjadi akar dari keterampilan yang kita miliki. Permainan tradisional anak, sejak dini mengajarkan kegigihan, daya juang, ketangguhan, kejujuran, kreatifitas, kebersamaan, toleransi, tenggang rasa, kesetaraan, kerja sama dan sportifitas. Oleh karena itu kerinduan akan permainan masa kecil bisa menghampiri siapa saja.

Lantas, ke mana permainan tradisional anak-anak itu pada era milenia sekarang?  Permainan di masa kecil generasi baby boomer nyaris tak berbekas pada masa generasi kekinian.  Alat permainan anak sudah menjadi komoditas industri. Kapitalis bersilomba mengisi pasar mainan dengan permainan elektronik, atau gadget yang bahkan sudah diakrabi oleh anak balita seusia 3-4 tahun.

Permainan tradisional adalah ekspresi budaya, adalah sisi lain dari wajah kebudayaan. Bukan sekedar hiburan di kala senggang. Jika permainan tradisional punah, satu sisi wajah kebudayaan daerah akan ‘homur’ (kabur, samar).

Cover-Permainan-1

Melalui permainan tradisional, anak-anak terbiasa dengan kejujuran, fairness, sportifitas. Anak Batak misalnya, jangankan bermain bersama – bermusuhan (marsanding) pun selalu patuh pada kesepakatan ketika permusuhan dideklarasikan kepada semua teman-teman bermain.

Pewarisan permainan tradisional adalah keniscayaan, bagian penting dari pendidikan dan pembentukan karakter yang memperkaya budaya sebuah bangsa. Itu sebabnya salah satu dari sepuluh objek budaya dalam dalam Undang-undang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan adalah Permainan Rakyat, permainan tradisional.

Sekurang-kurangnya 50 permainan tradisional yang dahulu dimainkan di Kawasan Danau Toba, dipaparkan dalam buku ini.  Lengkap dengan gambar sketsa permainan. Selain untuk mempertahankan ekspressi budaya, merevitalisasi permainan tradisi penting untuk mengurangi kecanduan anak-anak bermain dengan gawai – gadget.

Penulis              :  Saut Poltak Tambunan
Spesifikasi         : 15 x 21 cm, Softcover, 2022
Penerbit            : Selasar Pena Talenta.
Pesan di            : Toko TanoBatak
Harga                : Rp55.000,-

pesan-via-wa

 

Rekomendasi Berita