BERITADaerahPAREKRAFPariwisataSumut

Kopi Khas Medan Terkenal Harum Aromanya, Ada di 4 Kedai Legendaris Ini

Kuliner Medan selalu menarik perhatian, racikan kopi di sana juga terkenal nikmat. Kalau ingin mencicipi kopi khas Medan, bisa kunjungi 4 kedai legendaris ini.
Medan yang merupakan ibu kota dari Sumatera Utara tak hanya menghadirkan budaya yang menarik diketahui, tapi juga kulinernya. Kamu bisa menemukan beragam kuliner lezat dari rumah makan legendaris.

Salah satu minuman yang patut dicoba saat liburan ke Medan adalah kopi. Hadirnya kedai kopi menjadi salah satu unsur budaya yang menyatu di kehidupan masyarakat Medan.

Kopi yang ditawarkan kedai kopi di Medan tentunya bergaya tradisional. Seperti kopi Sidikalang, Gayo, hingga Lintong. Ada yang meraciknya polos maupun kopi susu.

Untuk menikmati kopi khas Medan yang nikmat, bisa mengunjungi 4 kedai legendaris berikut ini:

1. Kedai Kopi Apek

Kopi Medan Legendaris Foto Instagram Kedai Kopi Apek
Kopi Medan Legendaris Foto : Instagram Kedai Kopi Apek

Kedai kopi paling legendaris di Medan sudah ada sejak tahun 1923. Namanya Kedai Kopi Apek yang berlokasi di Jalan Hindu No. 37, Kesawan. Gaya bangunan yang klasik masih dipertahankan, sehingga pelanggan bisa bernostalgia.

Kedai Kopi Apek yang berusia 99 tahun ini juga sudah turun-temurun dan saat ini dikelola oleh generasi ketiga. Meski sudah turun 3 generasi, racikan kopinya masih terasa nikmat. Menu yang patut dicoba adalah kopi 0 yang berasal dari jenis biji kopi Sidikalang.

Tak hanya kopi hitam polos, tapi bisa juga diracik menjadi kopi susu. Susu kental manisnya disajikan terpisah, sehingga pelanggan bisa meraciknya sendiri sesuai selera. Roti bakar srikaya dan telur setengah matang bisa dipesan untuk teman minum kopi.

 

2. Kopi Kok Tong Siantar

Kopi Medan Legendaris Foto Instagram Kopi Kok Tong
Kopi Medan Legendaris: Foto Instagram Kopi Kok Tong

Kedai kopi yang usianya hampir 1 abad lainnya adalah Kopi Kok Tong Siantar yang sudah berdiri sejak tahun 1925. Lokasinya ada di Jalan Cipto No. 115, Pematang Siantar. Kedai kopi ini awalnya didirikan oleh Lim Tee Kee yang memiliki darah Tiongkok.

Kini Kedai Kopi Kok Tong dikelola oleh generasi ketiga bernama Paimin Halim atau biasa dipanggil Aktiong. Hanya ada dua menu saja yang bisa dinikmati dari Kopi Kok Tong Siantar, yaitu kopi hitam dan kopi susu.

Jenis kopi yang digunakan berasal dari biji kopi robusta Simalungun. Cita rasa pahitnya terasa lebih pekat dengan aroma yang semerbak. Kalau yang tak suka rasa kopi pahit, bisa memesan menu kopi susu yang tak kalah enak.

 

3. Kopi Sedap Siantar

Selain Kong Ong yang terkenal legendaris di Pematang Siantar, ada juga kedai kopi legendaris lainnya. Bernama Kopi Sedap Siantar yang dulunya kerap dikenal dengan sebutan Kedai Kopi Go Muk.
Letaknya ada di Jalan Sutomo No. 97, Siantar. Mengulik sejarahnya, ternyata kedai kopi legendaris inis udah berdiri sejak tahun 1939. Kopi robusta yang pekat rasanya menjadi ciri khas dari Kedai Kopi Sedap Siantar.

Selain kopi hitamnya, racikan kopi susu di kedai ini juga terasa nikmat. Tak lengkap rasanya kalau hanya menikmati kopi saja, kamu bisa memesan seporsi roti bakar srikaya untuk teman minum kopi.

 

4. Kopi Kurnia

Di kawasan Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, Medan, ada kedai kopi yang terkenal. Namanya Kedai Kopi Kurnia yang juga legendaris sudah berusia puluhan tahun. Kopi tubruk khas Medan menjadi ciri khas dari kedai kopi bergaya klasik ini.

Untuk teman minum kopi, kamu bisa memesan roti bakar srikaya yang manis legit. Selain itu, kedai kopi legendaris ini juga menyediakan menu kwetiau goreng dan mie ala Hong Kong.

Rekomendasi Berita