BERITABerita UtamaNasional

Ketua Dewan Pers Azyumardi Meninggal Dunia di Malaysia

Salah satu cendekiawan sekaligus Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia.

Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Kuala Lumpur di Malaysia, secara resmi mengumumkan wafatnya Ketua Dewan Pers Prof. Azyumardi Azra pada Minggu, 18 September 2022 sekitar pukul 12.30 waktu Kuala Lumpur, bertempat di Rumah Sakit Serdang di Selangor Malaysia. Pihak Rumah sakit Serdang telah menerbitkan penyebab kematian Azyumardi yaitu Acute Inferior Myocardial Infarction atau terdapat kelainan pada jantung.

“Beliau meninggal di unit perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung (CCU),”  Menurut Dubes RI untuk Malaysia, Hermono.

Almarhum semula terbang ke Malaysia untuk menjadi narasumber pada Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September 2022. Kegiatan diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM). Tapi pada Jumat, 16 September 2022 Azyumardi mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang ketika baru mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur dari Indonesia. Ia dirawat setelah sempat mengalami sesak nafas dalam penebangan menuju Kuala Lumpur.

Beliau dikenal sebagai cendekiawan muslim. Dia pernah bekerja menjadi wartawan Panji Masyarakat pada 1979 sampai 1985. Kariernya banyak dihabiskan menjadi pengajar di Fakultas Adab UIN Jakarta. Azyumardi Azra kemudian terpilih menjadi Ketua Dewan Pers dalam susunan kepengurusan periode 2022-2025, pada Rabu, 18 Mei 2022.

Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Selasa besok, 20 September 2022. Prosesi pemakaman akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bindang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Sekretaris Azyumardi, Vemi Nurhaini, menyatakan pemakaman itu telah dikoordinasikan dengan pihak TMP Kalibata. Dia menyatakan rencananya upacara pemamakan akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB.

“Sudah (koordinasi dengan TMP Kalibata), rencananya besok pukul 09.00 pagi. Terus inspektur upacaranya juga sudah koordinasi,” kata Vemi Nurbaini selaku sekretaris Azyumardi di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 19 September 2022.

“Inspektur upacara direncanakan Menko PMK,” lanjut Vemi.

Azyumardi berhak dimakamkan di TMP Kalibata karena menerima Piagam Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari  Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, jenazah Azyumardi akan dishalatkan terlebih dahulu di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta pada pukul 08.00 WIB.

“Di auditorium Harun Nasution UIN jam 8 pagi,” tuturnya.

 

Rekomendasi Berita