Tano BatakUnggulan

Kembalikan Kejayaan Dekke Jahir (Ikan Mujahir) di Danau Toba

Oleh: Polmas Sihombing.

Sebutan dekke jahir sangat akrab di telinga dan di ingatan orang Batak, khususnya yang tinggal di Kawasan Danau Toba (KDT) dan sekitarnya.  Mengapa? Karena ikan mujair merupakan sumber protein hewani andalan bagi masyarakat.  Supply ikan mujair berasal dari Danau Toba umumnya melalui tangkapan nelayan dengan menggunakan doton (gillnet).

Benarkan ikan mujair merupakan ikan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebutuhan gizi masyarakat?  Berikut penjelasannya:

  1. Ikan mujair mengandung protein yang tidak kalah dengan tuna dan salmon. Proteinnya berfungsi sebagai sumber energi, memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, membentuk antibodi, menjaga berat badan, membentuk enzim dan hormon, meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatan tulang.
  2. Ikan mujair mengandung selenium yang tinggi (hanya mengonsumsi 1 ekor saja, kebutuhan selenium kita per hari sudah tercukupi).  Manfaat selenium untuk tubuh manusia adalah meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga fungsi kelenjar tiroid, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, memelihara kesuburan bagi pria dan wanita, menangkal radikal bebas, dan mengurangi gejala asma.
  3. Ikan mujair juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Omega 3 ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita seperti memperkecil risiko penyakit kardiovaskular, menjaga kesehatan mata, mencegah demensia, menjauhkan depresi, dan juga merendahkan arthritis.

Berdasarkan uraian di atas, maka patut diduga bahwa tingginya tingkat kesehatan masyarakat (termasuk inteligensi) yang tinggal di KDT memiliki korelasi yang siginifikan dengan jumlah konsumsinya atas dekke jahir (ikan mujair).  Oleh karena itu, kejayaan Danau Toba sebagai produsen ikan mujair melalui perikanan tangkap, sepatutnya dikembalikan dan menjadi fokus seluruh pemerintah daerah di sekitar KDT.

Danau Toba di Tano Batak (Koleksi CPP)

Ikan mujair adalah omnivora, makanannya berupa vegetasi air, alga bentik, beberapa jenis plankton (termasuk fitoplankton dan zooplankton) dan beberapa larva ikan. Begitulah ikan mujair mempertahankan hidup dan sekaligus membuatnya menjadi sumber protein, selenium dan omega 3.

Sumber gambar: Oreochromis mossambicus (Mozambique tilapia) (cabi.org) dan Koleksi Corry Paroma br. Panjaitan

Rekomendasi Berita